Edge Computing, Sebuah Transformasi Teknologi dan Akses Data

Teknologi edge computing sudah di depan mata dan diterapkan di berbagai bidang. Sistem ini membuat komunikasi data makin cepat dan mendorong perkembangan teknologi di berbagai bidang. 

Apa Itu Edge Computing?

Edge computing adalah suatu istilah komputasi untuk menjelaskan berbagai jaringan dan perangkat yang berada pada atau dekat pengguna. Dalam hal ini, data diproses lebih dekat dengan tempatnya dihasilkan sehingga kecepatan dan volume data yang diproses juga lebih besar. 

Model komputasi ini menawarkan berbagai manfaat unik jika dibandingkan dengan model tradisional seperti centralized atau on-premise. Edge computing memungkinkan perusahaan meningkatkan cara pengaturan dan penggunaan aset fisik dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih interaktif. Beberapa contoh edge computing misalnya adalah mobil dengan kemudi otomatis, robot, smart equipment data, dan lain-lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Edge Computing

Edge computing memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya banyak diperhitungkan oleh perusahaan besar. Kelebihannya yang paling utama adalah pengurangan latensi sehingga meningkatkan kecepatan jaringan. Selain itu, pemrosesan data yang dilakukan dekat dengan sumber informati akan mengurangi kecepatan tempuh data secara signifikan. 

Data yang disimpan di cloud memiliki risiko tinggi diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena edge computing tidak selalu menggunakan sambungan jaringan, risiko peretasan juga makin berkurang. 

Dengan berkurangnya penggunaan bandwidth akibat penerapan edge computing, biaya yang dikeluarkan juga ikut berkurang. Pasalnya, lebih banyak data kini disimpan dan diproses di server dan perangkat lokal. 

Terlepas dari kelebihan tersebut, edge computing juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa diantaranya termasuk masalah keamanan di titik edge network lokal. Pasalnya, beberapa data bisa jadi lebih rentan karena tidak semua perangkat edge memiliki sistem otentikasi dan kemampuan pengamanan yang sama.  

Kelemahan lainnya adalah biaya infrastruktur yang besar. Untuk menerapkan edge computing, diperlukan perangkat keras dan lunak yang lebih banyak untuk kinerja optimal dan memenuhi kebutuhan penyimpanan data. Ditambah lagi, jika sistem ini tersebar di berbagai lokasi lokal, biaya yang diperlukan juga akan makin meningkat.

Beberapa Komponen Yang Dipelukan Dalam Edge Computing

Penerapan edge computing membutuhkan beberapa komponen penting antara lain:

Perangkat edge

Perangkat edge computing sebenarnya sudah banyak digunakan sehari-hari, misalnya adalah jam pintar, telepon pintar, dan lain-lain. Perangkat ini mengumpulkan dan memroses data secara lokal dan di saat yang sama menyentuh dunia fisik. 

Perangkat-perangkat lainnya seperti Internet of Things (IoT), sistem point of sales (POS), robot, kendaraan, dan sensor juga bisa dianggap sebagai perangkat edge jika mereka melakukan komputasi lokal dan mengomunikasikannya dengan cloud.

Network edge

Sebenarnya edge computing tidak membutuhkan edge network terpisah. Ketika melibatkan jaringan terpisah, ini hanyalah tambahan lokasi lain antara pengguna dan cloud. Dalam hal ini, jaringan 5G memiliki peranan penting untuk menghubungkan keduanya. 

Jaringan 5G memiliki sambungan 5G nirkabel yang sangat kuat dengan latensi rendah dan kecepatan seluler yang sangat tinggi. Hal ini memungkinkan perkembangan yang lebih menarik dan bermanfaat seperti drone otomatis, telesurgery jarak jauh, proyek smart city, dan lain-lain.

Infrastruktur on-premise

Infrastruktur on-premise berarti infrastruktur dengan TI beserta perangkat keras dan lunaknya berada di lokasi lokal. Infrastruktur ini berfungsi untuk menjalankan sistem lokal dan menghubungkan ke jaringan, termasuk hubungan antar server, router, container, hubs, atau bridges

Teknologi edge computing sudah ada di depan mata, jadi sudah saatnya Anda turut mempertimbangkan teknologi ini. Untuk mengetahui sistem data center seperti apa yang sesuai untuk perusahaan, Anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor data center di Indonesia seperti PT. NPS Pemuda Berdikarisma. Perusahaan ini adalah penyedia solusi dan servis resmi Vertiv Liebert di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun. 

Jadi, jangan ragu mempercayakan kebutuhan data center Anda dengan kontraktor data center tepercaya!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *