Ramah Lingkungan, Investasi UPS Dukung Keberlanjutan Usaha

Perusahaan, yang berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan proses ekonomi sesuai bidangnya, perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi pada UPS. UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan peranti yang secara otomatis memberikan suplai listrik darurat ketika listrik tiba-tiba padam.

Apabila aliran listrik berada dalam keadaan normal, aliran listrik tersebut dapat mengisi kembali baterai UPS. Berikut inilah di antara keuntungan menginvestasikan sebagian harta perusahaan untuk membeli UPS.

Tidak Tergantung Stabilitas Listrik di Lokasi

Ketersediaan UPS membuat perusahaan tidak terlalu tergantung dengan stabilitas suplai listrik di tempat usaha. Pengguna dapat memilih UPS yang bisa berfungsi sebagai stabilizer. Kontinuitas suplai energi terhadap peralatan listrik pun dapat lebih stabil.

Tidak Menimbulkan Emisi

Efisiensi penggunaan energi pada UPS tergolong sangat baik. Alhasil, penggunaan UPS tidak akan menimbulkan jejak emisi yang mencemari bumi. Hal ini menjadi nilai tambah bagi UPS di tengah maraknya isu lingkungan yang digiatkan para aktivis lingkungan.

Instalasi UPS Lingkungan Usaha

Pemasangan UPS di lingkungan usaha pun relatif fleksibel. Terdapat model rackmount maupun tower yang dapat dipilih sesuai area penempatan UPS lingkungan usaha. Dengan model tower, pemasangan bisa dikustomisasi sesuai kondisi. Adapun, model rackmount memungkinkan UPS disimpan di dalam rak-rak server pada data center.

Keberlanjutan Data Terlindungi

UPS dapat menjadi sangat urgen ketika menyangkut perlindungan server data. Peranti ini sama sekali tidak boleh padam karena kebutuhan perusahaan untuk mengaksesnya kapan saja. Matinya server secara mendadak berisiko pada hilangnya data terbaru dan tidak tersimpannya data yang datang kemudian. UPS mencegah terjadinya hal tersebut.

Mengurangi Waktu Pemulihan

Sebagian peralatan industri memerlukan waktu lama untuk dapat dihidupkan kembali dari keadaan mati, sampai bisa digunakan lagi dengan normal. Oleh karena itu, sebagian peralatan dijaga agar tidak mati selama proses produksi. UPS berperan melindungi peralatan tersebut dari risiko mati di tengah proses produksi ketika terjadi listrik padam secara mendadak.

Analisis Dampak Penggunaan UPS terhadap Lingkungan

Seiring dengan semakin terasanya dampak pemanasan global, semakin tumbuhlah kesadaran masyarakat terhadap isu ramah lingkungan. Ketika ingin berinvestasi pada UPS, sebagian pihak mempertanyakan dampak penggunaan peranti ini terhadap lingkungan.

Secara umum, UPS lingkungan usaha tidaklah menyumbangkan pencemaran langsung terhadap bumi. Semakin canggihnya teknologi dalam UPS membuat peranti ini menggunakan energi dengan lebih efisien. Efisiensi energi pun turut berkontribusi dalam upaya mengurangi emisi karbon dan penggunaan sumber daya.

Dalam beberapa kasus, UPS bahkan dapat disambungkan kepada panel surya atau kincir angin. Inovasi ini turut mendukung upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Satu-satunya isu lingkungan yang mungkin menyerang UPS adalah penggunaan baterai yang biasanya mengandung bahan-bahan berbahaya. Mengenai hal ini, terdapat pula produsen UPS yang memperkenalkan baterai UPS ramah lingkungan.

Setelah menimbang berbagai manfaat UPS dan dampaknya terhadap lingkungan, mengapa tidak mulai berinvestasi pada alat ini? Sebagai distributor resmi perusahaan UPS asal Jerman AEG Power Solution, PT NBS Berdikarisma siap memenuhi aneka kebutuhan UPS di Indonesia. Dengan UPS, keberlanjutan proses operasional perusahaan pun akan lebih terjamin.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *