Efisien dan Ramah Lingkungan, UPS Jadi Solusi Daya Cadangan yang Hemat Energi

Penggunaan Uninterruptible Power Supply (UPS) di lingkungan perusahaan menjadi hal yang urgent pada masa sekarang. Data center dan berbagai peralatan elektronik perlu mendapatkan suplai daya yang berkesinambungan. Terputusnya arus listrik ke perangkat-perangkat tersebut dapat menyebabkan kerusakan alat hingga menurunkan produktivitas.

Peran UPS terhadap Efisiensi Energi

Secara tidak langsung, penggunaan UPS pada perusahaan dapat meningkatkan efisiensi perusahaan terhadap penggunaan energi. Hal tersebut dapat dilihat dari cara kerja UPS yang hemat energi, fungsi UPS sebagai stabilizer, dan juga manfaatnya sebagai penyuplai daya cadangan.

Ditinjau dari cara kerjanya, UPS mengisi baterai ketika suplai arus listrik utama dalam keadaan normal. Ketika baterai telah penuh, UPS melewatkan arus langsung ke perangkat elektronik tanpa mengisi baterai lagi.

Alur kerja di atas membuat arus listrik tidak terus-menerus mengisi baterai. Dengan demikian, baterai tidak cepat rusak dan tidak terjadi pemborosan penggunaan listrik. Di sinilah terwujud UPS Efisiensi Energi.

Jika ditinjau dari fungsinya sebagai stabilizer, UPS dapat digunakan untuk mengatur arus listrik yang masuk ke perangkat listrik agar senantiasa pas. Selain hemat energi dan efisien, hal ini dapat turut memperpanjang masa hidup alat dan menghemat biaya listrik.

Sementara itu, sebagai penyuplai daya cadangan, UPS menjaga perangkat elektronik yang terhubung dengannya bisa tetap hidup. Ketika hal ini terjadi pada jam operasional perangkat, UPS Efisiensi Energi mencegah alat mati secara mendadak yang berpotensi merusak alat. Selain itu, petugas alat tidak harus berupaya menghidupkan alat lagi. Hal ini pun merupakan sebuah efisiensi.

Kontribusi UPS terhadap Lingkungan

Di tengah maraknya isu pencemaran bumi, UPS dapat menjadi solusi penyedia energi cadangan yang ramah lingkungan. UPS tidak menimbulkan jejak atau emisi karbon yang mencemari ekosistem.  Selain itu, produsen UPS mulai menawarkan baterai-baterai UPS yang lebih mudah diolah sehingga limbahnya tidak mencemari bumi.

Agar lebih yakin saat harus memilih UPS Efisiensi Energi, pastikan untuk membeli dari produsen tepercaya atau distributor resminya. AEG Power Solution merupakan perusahaan asal Jerman yang fokus menyediakan peralatan elektronik untuk pembangkit listrik, perusahaan IT, dan industri lainnya. Produk-produknya dapat diperoleh melalui PT NPS Pemuda Berdikarisma sebagai distributor resmi di Indonesia.

Staf profesional PT NPS Berdikarisma tersebar di 15 kota utama di Indonesia sehingga dapat memberikan pelayanan lebih cepat. Pelanggan dapat berkonsultasi sebelum maupun setelah melakukan pembelian, termasuk untuk memilih UPS hemat energi yang ramah lingkungan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *