Menghemat Biaya Listrik dengan UPS Efisien

Penggunaan perangkat elektronik dalam kehidupan sehari-hari telah meningkat secara signifikan. Kita nyaris tergantung pada perangkat tersebut hingga membuat  tagihan listrik meningkat. Apalagi jika Anda adalah pekerja IT yang butuh terhubung listrik dan internet 24/7.

Salah satu solusi hemat biaya listrik adalah dengan menggunakan UPS efisien. Namun, opsi ini kadang diragukan mengingat Anda harus berinvestasi pada UPS. Benarkah demikian? Begini ulasannya. 

Pakai UPS Apakah Lebih Mahal?

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah penggunaan UPS akan meningkatkan biaya listrik. Sebenarnya, penggunaan UPS efisien justru lebih hemat biaya listrik dalam jangka panjang. 

UPS berfungsi menjaga perangkat dari pemadaman listrik dan fluktuasi tegangan. UPS mengamankan perangkat dari kehilangan data berharga yang kerap terjadi saat perangkat mati mendadak karena listrik padam. Perangkat elektronik pun tidak perlu dihidupkan kembali setelah pemadaman.

Dengan demikian, Anda mengurangi pemakaian listrik berlebihan saat perangkat dihidupkan ulang. Asal tahu saja, menghidupkan perangkat kembali cenderung memakan daya lebih tinggi daripada menjaganya dalam mode siap atau standby. 

Tips Pilih UPS Efisien untuk Hemat Biaya Listrik

Lantas, bagaimana tips pilih UPS efisien agar hemat biaya listrik? 

Cari UPS dengan kapasitas yang tepat 

Pilih kapasitas UPS sesuai dengan perangkat yang akan Anda proteksi. UPS  terlalu besar akan lebih boros dalam penggunaan daya.

Cek fitur mode efisiensi tinggi

UPS modern sering memiliki mode operasi yang dapat disesuaikan, termasuk mode efisiensi tinggi. Pastikan Anda menggunakan mode efisiensi tinggi saat perangkat dalam keadaan siap.

Pelajari kualitas baterai

Baterai adalah komponen kunci dalam UPS. Pilih UPS dengan baterai berkualitas tinggi sehingga memiliki umur pakai lebih lama. Anda akan terhindar dari penggantian baterai lebih sering yang dapat memaksa Anda mengeluarkan biaya tambahan.

Cek pemantauan perangkat 

Gunakan perangkat pemantauan energi yang memungkinkan Anda melihat dan mengelola konsumsi daya perangkat tersebut. Dengan pemantauan berkala, Anda dapat mengidentifikasi mana perangkat yang boros energi.

Lakukan perawatan rutin

Lakukan perawatan rutin pada UPS Anda, termasuk pemeriksaan baterai dan komponen lainnya. Langkah ini akan memastikan UPS tetap beroperasi dengan efisiensi maksimal.

Gunakan secara bijak

Gunakan perangkat dengan bijak, seperti mematikan perangkat saat tidak digunakan dan mengelola perangkat yang memerlukan daya secara lebih efisien.

Menggunakan UPS efisien bukan hanya dapat membantu Anda melindungi perangkat elektronik Anda dari pemadaman listrik, tetapi juga dapat hemat biaya listrik dalam jangka panjang. Jadi, Anda dapat menjaga tagihan listrik tetap terkendali sambil menjaga perangkat berfungsi optimal.

Masih belum yakin dengan kebutuhan UPS Anda? Ayo, hubungi PT NPS Pemuda Berdikarisma sekarang untuk cari tahu jenis UPS yang tepat untuk bisnis Anda. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *