Wajib Tau! Ini Pentingnya Redundansi UPS dalam Server Room

UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan alat yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan daya. Alat in dibutuhkan sebagai langkah antisipasi terhadap adanya gangguan listrik. Dengan menggunakan UPS, perangkat elektronik akan tetap hidup dalam beberapa saat. 

Umumnya, sebuah UPS dengan kapasitas 600 watt hanya mampu menjaga komputer berdaya 400 watt menyala hingga 17 menit. Bagi pelaku bisnis yang berkaitan dengan IT dan teknologi, pemasangan UPS penting untuk menghindari kerusakan, baik hardware maupun software, yang mungkin terjadi akibat gangguan listrik mendadak. 

Namun, untuk menjaga kontinuitas operasi UPS, diperlukan adanya redundansi. Apa itu redundansi UPS? Simak informasinya berikut ini. 

Apa Itu Redundansi?

Redundansi atau “kelebihan” dalam sistem distribusi daya mengacu pada perangkat dan daya yang dipasang di data center atau server room, tetapi tidak digunakan dalam operasi sehari-hari. Dalam praktiknya, redundansi bertujuan menjaga kontinuitas operasi dengan memberikan perlindungan berlapis agar jika satu perangkat gagal memberikan cadangan daya, dapat di-backup oleh perangkat lainnya.  

Redundansi UPS

Dalam pemasangan UPS, redundansi perlu dilakukan, utamanya bagi perusahaan yang berkaitan erat dengan teknologi. Redundansi UPS dilakukan dengan menghubungkan satu UPS dengan UPS lain, dengan tujuan menjaga kontinuitas operasi apabila terjadi kegagalan dalam distribusi daya. Dengan kata lain, redundansi penting sebagai bentuk perlindungan dan antisipasi bila UPS utama tidak bekerja sebagaimana seharusnya.  

Contoh Praktik Redundansi

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, redundansi dibutuhkan sebagai langkah antisipasi bila UPS utama gagal menyediakan daya yang dibutuhkan. Misalnya, ketika listrik mendadak padam dan UPS 1 tidak menyala, maka UPS 2 akan langsung menggantikannya. Dengan demikian, pengguna punya cukup waktu untuk menyalakan genset atau melakukan back up data.

Redundansi UPS dalam Server Room

Sebagaimana kita ketahui, server room merupakan ruangan untuk menyimpan database dan server aplikasi. Selain itu, ruangan server juga menyimpan perangkat jaringan, seperti hub dan router, serta perangkat lain yang berhubungan dengan sistem operasi. Melihat pentingnya fungsi ruangan server dalam menjaga fungsional perusahaan, tentunya kestabilan aliran listrik perlu dijaga. Hal itulah yang membuat redundansi perangkat suplai daya bebas gangguan perlu diterapkan.

Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa redundansi UPS adalah perlindungan berlapis untuk memastikan cadangan daya dapat tetap tersedia demi menjaga kontinuitas operasi. Dalam hal ini, redundansi perangkat catu daya dalam server room perlu diterapkan agar data center dapat tetap beroperasi saat terjadi gangguan listrik. 

Bagi perusahan yang bergerak di bidang IT, tentu redundansi sangat penting diterapkan. Selain untuk menghindari perangkat mati mendadak, redundansi dapat menghindarkan kerusakan yang lebih besar di masa yang akan datang, seperti kerusakan hardware, software, hingga kehilangan data akibat kegagalan sistem.

Perusahaan Anda perlu bantuan untuk mengatur redundasi UPS untuk sever room? Hubungi PT NPS Pemuda Berdikarisma dan temukan solusinya!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *