3 Poin Keterkaitan UPS dan Sistem Smart Grid dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

Uninterruptible Power Supply (UPS) dan Smart Grid adalah perangkat dan sistem yang berperan dalam manajemen energi terhubung (integrated energy management). 

Teknologi UPS dan Smart Grid ini merupakan dua teknologi yang dapat bersinergi untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. Teknologi ini juga bermanfaat dalam meningkatkan efisiensi manajemen energi baik di perusahaan maupun di berbagai jenis bangunan lain.

Seperti apakah keterkaitan antara UPS Smart Grid dalam meningkatkan keandalan listrik? Berikut ulasannya.

Mengenal UPS dan Smart Grid

Sebelum membicarakan apa keterkaitan UPS dan Smart Grid, mari kita cari tahu terlebih dahulu definisi dua teknologi ini.

UPS adalah suatu perangkat baterai yang berfungsi sebagai sumber daya cadangan untuk perangkat elektronik yang terpasang. Perangkat ini bermanfaat dalam menyediakan daya listrik pada saat aliran listrik tidak stabil ataupun sedang mati listrik . 

Di sisi lain, Smart Grid adalah sebuah sistem jaringan listrik yang didukung oleh teknologi informasi komunikasi, yang bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi, keandalan, serta kontinuitas distribusi aliran listrik. Dalam sistem Smart Grid ini, berbagai elemen kelistrikan saling terintegrasi satu sama lain. 

Elemen-elemen yang dimaksud misalnya seperti generator, peralatan pengukuran, jaringan distribusi, dsb.

Keterkaitan UPS dan Smart Grid dalam Manajemen Energi Terhubung

Bagaimana keterkaitan antara UPS dengan Smart Grid dalam pengelolaan energi? Berikut penjelasannya.

UPS sebagai sumber cadangan listrik yang dibutuhkan sistem Smart Grid 

Ketika terjadi pemadaman listrik, UPS dapat diandalkan sebagai alternatif sumber listrik yang dapat langsung Anda gunakan. Karenanya, UPS dapat digunakan untuk menyediakan daya listrik selama beberapa waktu.

Adanya UPS sebagai sumber listrik cadangan akan memberikan sistem Smart Grid waktu untuk mendeteksi adanya pemadaman listrik dan memulai langkah pemulihan sistem yang dibutuhkan.

Melakukan manajemen energi secara real-time

Dengan adanya UPS dan Smart Grid, Anda dapat melakukan pengelolaan energi listrik secara real-time. Anda juga bisa mengatur bagaimana ‘porsi’ aliran listrik akan dibagi. Pada kondisi pemadaman listrik, Smart Grid akan menyebarkan daya listrik yang tersedia di UPS hanya ke perangkat-perangkat listrik yang paling membutuhkan. 

Dengan cara ini, perangkat-perangkat listrik yang paling membutuhkan aliran listrik tersebut bisa tetap beroperasi bahkan selama adanya pemadaman listrik. Dengan cara ini, tujuan penggunaan UPS untuk meningkatkan keandalan listrik dapat dicapai. 

Membantu meminimalkan konsumsi energi

Adanya Smart Grid dapat memberikan informasi mengenai kapan waktu terbaik untuk menonaktifkan perangkat yang tidak digunakan. 

Tujuannya adalah untuk menghemat daya yang tersedia di UPS. Melalui cara ini, cadangan daya listrik dapat disimpan untuk kebutuhan perangkat lain.

Sebagai simpulan, Anda dapat mengombinasikan UPS dan sistem Smart Grid untuk menciptakan ekosistem manajemen energi terhubung yang berkelanjutan dan dapat diandalkan. 

Kombinasi teknologi UPS Smart Grid tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah pemadaman listrik. Penggunaan UPS dan sistem Smart Grid ini juga dapat berkontribusi pada pengelolaan energi yang lebih cerdas dan efisien. Dalam artian, daya listrik yang tersedia di UPS dapat dialokasikan untuk perangkat-perangkat yang penting dengan bantuan sistem Smart Grid. 

Perusahaan Anda membutuhkan perangkat UPS untuk menunjang kegiatan operasional? PT NPS Pemuda Berdikarisma adalah penyedia perangkat UPS dan layanan data center yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. 

Kami juga sudah bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta terkait pengadaan produk-produk UPS & battery maupun memberikan solusi IT yang dibutuhkan instansi tersebut.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *