UPS untuk Server Rack: Perlindungan yang Diperlukan

Apa Itu UPS untuk Server Rack?

Pemasangan UPS dalam lingkungan server rack menjadi kunci kelancaran operasional server dan perlindungan data penting. UPS server rack menempati rak yang dirancang khusus, biasanya berukuran standar 19 inci dan lazim diletakkan di ruang server, lemari jaringan, atau pusat data.

UPS jenis ini hadir dalam berbagai kapasitas dan ukuran, mulai dari 500VA sampai 10kVA serta tinggi 1U hingga 4U. Umumnya UPS demikian memakai baterai timbal-asam atau lithium-ion yang sengaja disegel sebagai daya cadangan. 

Mengapa Perlu UPS Server Rack?

UPS yang dipasang pada rak berfungsi sama seperti UPS lain. Sebut saja, menyediakan daya cadangan ke perangkat saat terjadi kegagalan daya, mencegah kerusakan perangkat, kehilangan data, dan waktu henti. Perlindungan server jelas penting mengingat server harus beroperasi 24 jam tanpa henti.

Maka, UPS demikian mampu mengkondisikan daya dan melindungi perangkat dari lonjakan arus. Hal ini tentu berdampak positif pada keandalan UPS dan masa pakai perangkat. Selain itu, manajemen jarak jauh juga mungkin diterapkan sehingga proses pemantauan dan pemeliharaan jadi lebih sederhana, sekaligus terintegrasi dengan sistem manajemen IT lain.

Beda UPS Server Rack dan UPS Biasa

Perbedaan utama antara UPS server rack dan UPS biasa adalah desain fisiknya. UPS untuk server rack dirancang khusus untuk ditempatkan dalam rack server standar sehingga memasangnya di antara peralatan server yang ada jadi lebih mudah.

Selain itu, UPS  demikian biasanya memiliki kemampuan skalabilitas yang memungkinkan penambahan baterai tambahan atau modul daya sesuai kebutuhan. Di sisi lain UPS biasa lebih cocok untuk penggunaan rumahan atau perkantoran, yang tidak memiliki kemampuan diintegrasikan dengan sistem server.

Memilih UPS Sebagai Perlindungan Server Terbaik

Menemukan perlindungan server terbaik bermula dari pemilihan UPS server rack yang tepat. UPS harus bisa melindungi perangkat terhadap pemadaman listrik tiba-tiba, mencegah server mati mendadak, dan melindungi perangkat dari lonjakan maupun penurunan tegangan mendadak.

Maka, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor saat memilih UPS untuk server rack. 

Kapasitas, berapa jumlah daya yang dibutuhkan perangkat jaringan dan server

Durasi, berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi UPS untuk menyuplai daya cadangan ke perangkat saat listrik padam

Jumlah outlet, hitung cermat jumlah perangkat yang tersedia atau perhitungkan pertumbuhan jaringan dan peralatan server

Faktor bentuk, berkaitan dengan ketersediaan ruangan UPS, apakah ideal dipasang secara horizontal atau vertikal

Fitur, cermati fitur tambahan seperti pengaturan tegangan otomatis dan perlindungan lonjakan arus

Efisiensi, UPS dengan tingkat efisiensi tinggi bisa menghemat biaya operasional.

Secara keseluruhan, UPS Server Rack merupakan elemen penting dalam menjaga ketersediaan dan keandalan server di lingkungan data center. Dengan menyediakan daya cadangan dan perlindungan server terhadap berbagai masalah daya listrik, UPS untuk server rack dapat memastikan data berharga tetap aman dan bisnis berjalan tanpa hambatan, bahkan dalam situasi darurat.

Ingin tahu bagaimana kebutuhan Anda? Yuk, hubungi PT NPS Pemuda Berdikarisma sekarang dan cari tahu mana UPS yang tepat untuk bisnis Anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *