UPS Baterai Kering: Inilah Keunggulan dan Kelemahan!

Di daerah yang listriknya tidak stabil, pemadaman tiba-tiba merupakan hal yang kerap terjadi. Untuk kawasan perkantoran, hal ini tentunya sangat mengganggu kelancaran bekerja, atau bahkan dapat  menimbulkan kerugian. Agar komputer tetap menyala ketika listrik padam, diperlukan alat yang disebut UPS.

UPS (uninterrupted power supply) adalah alat yang memiliki perangkat berupa baterai yang berfungsi memberikan daya listrik alternatif yang tidak terganggu pada alat elektronik. Selain baterai, komponen lain dalam UPS ialah rectifier (penyearah) dan inverter. Penggunaan UPS baterai kering memiliki keunggulan dan kelemahan.

Keunggulan UPS Baterai Kering

Setidaknya ada empat kelebihan yang dihadirkan UPS baterai kering.

Meminimalkan Kerusakan Komputer

Komputer merupakan sistem memadukan berbagai komponen hardware dan software. Untuk mematikannya, ada prosedur khusus. Mematikannya dengan menekan tombol on-off atau bahkan memutus aliran listrik mendadak akan memperbesar risiko kerusakan. Dengan UPS, komputer tidak akan langsung mati ketika listrik padam sehingga kita bisa mematikannya sebagaimana mestinya.

Menghindari Hilangnya Data

Ketika listrik padam tiba-tiba, bisa jadi kita belum sempat menyimpan pekerjaan. Akibatnya, data pekerjaan hilang sehingga kita harus mengulang dari awal. Terbayang berapa banyak kerugian yang harus ditanggung jika data sebuah pekerjaan hilang. UPS memungkinkan kita menyimpan pekerjaan terlebih dahulu sebelum dayanya habis. 

Aliran Listriknya Stabil

Dilengkapi dengan stabilizer, aliran listrik dari UPS ke komputer cenderung stabil. Komputer pun bisa menyala sesuai tegangan yang dibutuhkan, kecuali dayanya habis. 

Pemasangannya Mudah

Pemasangan UPS sangatlah mudah. Cukup sambungkan kabel dari komputer ke UPS dan kabel UPS ke sumber listrik. Untuk mengisi daya sampai penuh, dibutuhkan waktu 8-12 jam. Meskipun demikian, UPS dapat mengisi daya sembari digunakan untuk bekerja. 

Kelemahan UPS Baterai Kering

Di balik segala kelebihan UPS baterai kering, perangkat ini juga memiliki kekurangan.

Tidak Portabel

UPS memiliki dimensi agak besar dan bobot yang berat. Oleh karena itu, UPS tidak mudah dibawa ke mana-mana. Penggunaannya pun menjadi terbatas untuk PC di rumah atau di kantor. Akan sulit jika membawa UPS bepergian sebagai baterai cadangan untuk laptop.

Durasi Nyalanya Singkat

Meskipun dapat dijadikan sebagai sumber daya listrik darurat, durasi nyala UPS sangatlah singkat. Rata-rata sebuah UPS untuk keperluan PC rumahan hanya mampu menyala selama 30 menit. Dengan demikian, kita harus cepat-cepat menyimpan atau menyelesaikan pekerjaan sebelum UPS kehabisan daya.

Harganya Tidak Murah

Yang tidak boleh kita lupakan, UPS dengan baterai kering harganya tidaklah murah. Harganya dimulai dari kisaran lima ratus ribu hingga jutaan rupiah untuk ukuran komputer kantor atau rumahan. Untuk skala besar, harganya bisa mencapai 30 juta rupiah. 

Terlepas dari segala keunggulan dan kelemahan, menyediakan UPS baterai kering merupakan sebuah keharusan. Harganya yang mahal tentu sebanding dengan nilai pekerjaan dan perangkat komputer yang berisiko rusak akibat pemadaman listrik. 

Untuk itu, penuhi kebutuhan perangkat UPS berkualitas dengan memanfaatkan layanan dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma. Layanan UPS dari PT. NPS Pemuda Berdikarisma juga cocok untuk kebutuhan industri. Sistem catu dayanya bahkan memiliki kemampuan komprehensif untuk semua solusi, baik itu data center, IT Room,  Facility & Computer, dan Network.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *