UPS Liebert EXS Series, Solusi Manajemen Daya untuk Command Center Anda

Command center disebut juga sebagai operation control center. Seperti namanya, fungsi dari ruangan tersebut adalah untuk kebutuhan pengendalian, pemantauan, dan juga koordinasi. Selayaknya sebuah pusat komando, command center juga dimanfaatkan para pemimpin sebagai ruang untuk mengambil keputusan. Itulah mengapa, kini banyak perusahaan, instansi pemerintah, dan organisasi penting di negara adidaya menggunakan command center sebagai pusat kendali aktivitas mereka. 

Nah, untuk mendukung segala aktivitas monitoring dan pengendalian di ruangan tersebut, beragam perangkat elektronik dibutuhkan guna membangun infrastruktur TI yang mutakhir dan mampu menyediakan akses komunikasi yang baik di area command center. Ruangan tersebut juga memiliki pusat data yang perlu dilindungi untuk memastikan penyediaan informasi tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Pentingnya Mengatasi Masalah Daya di Ruang Command Center


© pixabay.com

 Dengan infrastruktur yang begitu kompleks, ruangan command center wajib memiliki sistem manajemen daya yang andal. Hal ini karena ada banyak perangkat elektronik berharga mahal di ruangan tersebut. Di samping itu, jenis peralatan yang dipakai untuk membangun sistem teknologi informasi di sebuah command center tergolong sensitif terhadap berbagai masalah daya, seperti misalnya pemadaman listrik, lonjakan daya, penurunan voltase, tegangan berlebih, distorsi harmonik, dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi masalah daya, penggunaan Uninterruptible Power Supply (UPS) tentunya menjadi solusi paling efektif yang patut dipilih. Dengan membangun sistem UPS yang andal, suplai listrik di command center akan menjadi lebih stabil dan aman. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terkait pentingnya mengatasi masalah daya di ruang command center.

  • Mencegah terjadinya data center disaster

Command center juga memiliki pusat data yang harus dilindungi. Sebagai denyut nadinya sebuah sistem, di rak-rak pusat data terdapat server yang berisi berbagai aplikasi, basis data, dan beragam piranti jaringan lainnya yang berfungsi untuk mendukung operasional harian sebuah perusahaan. Maka dari itu, infrastruktur pusat data harus dirancang secara baik agar dapat memenuhi standar yang ada. 

Dalam kebanyakan kasus, penyebab dari data center disaster atau terhentinya operasional di pusat data adalah karena kegagalan arus listrik. Bila tidak segera diatasi—dengan membangun sistem catu daya yang andal di area pusat data, gangguan daya bisa menyebabkan masalah pada fungsionalitas hardware, perangkat lunakdan juga jaringan komunikasi Anda. 

  • Memelihara perangkat elektronik yang sensitif terhadap masalah daya

Ada banyak perangkat elektronik yang sensitif terhadap masalah daya di area command center. Sebagai contoh, selain infrastruktur jaringan komputer, command center umumnya juga dilengkapi dengan sistem CCTV. Seperti halnya komputer, CCTV juga merupakan alat elektronik yang mudah rusak jika mengalami masalah daya. Apabila tegangan arus listrik yang dialirkan adaptor atau power supply tidak stabil, kamera CCTV bisa mengalami gangguan seperti terjadinya video loss atau juga disebut CCTV no video. Jika masalah daya itu tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin perangkat listrik Anda akan mengalami kerusakan total. 

  • Memulihkan sistem ke fungsionalitas penuhnya secara cepat 

Sebagai pusat kendali, command center harus dapat menyediakan akses informasi yang cepat dan bisa diakses kapan saja. Oleh karenanya, sangat penting untuk memastikan server di ruang command center selalu berfungsi secara baik. Karena jika tidak demikian, sistem Unified Communications (UC) yang dibangun di ruang tersebut tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Padahal sistem tersebut sangat dibutuhkan dalam menjalankan teleconferencereal-time collaboration platform, dan IP telephony

Nah, pada kebanyakan kasus, penyebab utama dari server down adalah pemadaman listrik atau masalah daya lainnya. Maka, solusi paling efektif untuk mengurangi downtime adalah dengan membangun sistem backup power yang andal. Sistem UPS akan menyediakan aliran listrik dalam jangka pendek yang dapat digunakan untuk memastikan server tetap menyala, sambil menunggu Anda menyalakan genset. 

UPS Liebert EXS Series Menjaga Durabilitas dan Fungsionalitas Peralatan Listrik di Ruang Command Center

 

© vertiv.com

Sebagai solusi sistem catu daya terdepan di kelasnya, UPS Liebert EXS Series menawarkan beberapa keunggulan berikut ini. 

  • Menawarkan output power factor yang lebih baik

UPS Liebert EXS series memiliki daya aktif yang 10 persen lebih tinggi dibandingkan UPS konvensional, yang rata-rata hanya mampu menghasilkan 0,9 power factor. Hal ini karena UPS seri terbaru keluaran Liebert Vertiv ini mampu menghasilkan unity output power factor. Dengan adanya teknologi tersebut, sistem UPS ini akan mencegah sistem Anda untuk menyerap kebutuhan daya yang terlalu besar serta mengupayakan agar arus energi ke setiap load sama.

  • Telah dibekali dengan full galvanic isolation yang terintegrasi

Dibandingkan UPS model lawas, Liebert EXS series telah dibekali teknologi full galvanic isolation yang terintegrasi. Beberapa manfaat dari adanya fitur tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, itu memberikan solusi yang efektif dalam mengurangi system footprint, yang dapat berdampak pada penghematan lebih banyak ruang. Kedua, full galvanic isolation dapat memudahkan Anda dalam membangun instalasi dengan dua sumber input independen atau dengan netral yang berbeda. Selanjutnya, itu juga memberi kemudahan dalam meletakkan trafo isolasi di dalam kabinet UPS. 

  • Ditawarkan dalam beberapa opsi konfigurasi baterai

UPS Liebert EXS series juga menawarkan beberapa opsi konfigurasi baterai. Untuk varian UPS dengan kapasitas daya 10 kVa, 15 kVa, dan 20 kVa, tersedia pilihan konfigurasi baterai sebagai berikut: 2x32x7 Ah, 3x32x7 Ah, 4x32x7 Ah, 2x32x9 Ah, 3x32x9 Ah, dan 4x32x9 Ah. Dengan adanya opsi tersebut, Anda akan lebih mudah membangun sistem UPS yang sesuai kebutuhan manajemen daya di ruang command center

  • Memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi

Liebert EXS series merupakan jenis UPS on-line yang menggunakan metode konversi ganda. Oleh karenanya, tingkat efisiensi perangkat backup power ini dapat mencapai di atas 95% atau sampai 996,2%. Ditambah lagi, Liebert EXS series telah dilengkapi fitur Eco mode yang membuat TCO dari UPS ini menjadi yang terendah di pasaran. 

Tertarik untuk menggunakan sistem UPS Liebert EXS di command center Anda? Pastikan bahwa Anda hanya membeli dari penyedia solusi backup power Liebert Vertiv di Indonesia yang resmi. Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di industri critical power, PT. NPS Pemuda Berdikarisma adalah mitra resmi Liebert Vertiv di Indonesia. Mulai dari pemasangan hingga penyediaan solusi infrastruktur data center khusus merek Liebert Vertiv Emerson, kami siap membantu Anda dalam membangun sistem catu daya yang andal. 

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Command_center
https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17793-kebutuhan-command-centre-di-indonesia
https://www.indozone.id/life/x0sgWq/7-macam-gangguan-masalah-listrik-yang-sering-terjadi
https://tekno.kompas.com/read/2015/03/20/17553167/Awas.Jangan.Ada.Bencana.di.Data.Center.?page=all
author avatar
npspower

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *