Memahami Fungsi dan Manfaat UPS

Ada beberapa alasan mengapa blackout atau pemadaman listrik terjadi, mulai dari pemadaman terpusat oleh PLN, korsleting arus listrik, hingga lonjakan tegangan listrik. Ketika terjadi blackout secara tiba-tiba, perangkat elektronik, khususnya komputer, menghadapi risiko kerusakan. Lebih jauh lagi, data yang sedang diproses saat itu bisa hilang.

Solusi menjaga kontinuitas daya meski terjadi kegagalan listrik adalah dengan menggunakan Uninterruptible Power Supply atau UPS. Alat ini dipasang pada peralatan elektronik agar arus listrik yang diterima tetap stabil. Cari tahu lebih lanjut tentang fungsi dan manfaat penggunaan UPS berikut ini.

Fungsi UPS

Fungsi utamanya adalah mem-back up kebutuhan listrik ketika catu daya dari sumber listrik utama mengalami gangguan atau hilang. Selain itu, ini beberapa fungsi lain UPS yang bisa Anda manfaatkan:

Menstabilkan arus listrik

Listrik yang mengalir ke perangkat elektronik sifatnya tidak konstan. Bila ada hambatan pada arus listrik, tegangan akan menurun dan berpotensi membahayakan alat elektronik. Perubahan tegangan berulang kali bahkan bisa mengakibatkan kerusakan permanen. Nah, UPS berfungsi menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke alat elektronik Anda sehingga menjadi lebih awet dan tak gampang rusak.

Memasok cadangan listrik sementara

Kebanyakan software saat ini memiliki fitur auto save, tetapi bisa jadi ada bagian krusial data yang tidak tersimpan secara otomatis. Layaknya baterai, fungsi UPS adalah menyediakan cadangan listrik sementara setelah terjadi mati listrik.

Namun, karena sifatnya sementara, sebaiknya pilih UPS yang bisa bertahan paling tidak selama 30 menit. Ini penting, karena Anda butuh waktu untuk segera menyimpan dan mem-back up semua data, kemudian mematikan perangkat melalui menu shut down.

Melakukan manajemen atas sistemnya sendiri

UPS bisa mendiagnosis serta melakukan manajemen atas sistemnya sendiri. Ini memudahkan Anda mengantisipasi ketika ada gangguan sistem yang mungkin terjadi. Selain itu, Anda bisa melakukan pengaturan notifikasi untuk memberi peringatan saat terjadi kegagalan listrik.

Manfaat UPS

UPS adalah salah satu investasi paling direkomendasikan untuk perusahaan, institusi, dan pemilik bisnis masa kini. Apa saja manfaat yang bisa didapat?

Keamanan data

Saat arus listrik terputus, Anda akan punya waktu untuk segera menyelamatkan data penting yang belum sempat disimpan. Selain itu, kemungkinan terjadi error karena pemutusan koneksi mendadak pun bisa berkurang.

Memperpanjang usia alat elektronik

UPS menjaga kontinuitas daya ketika terjadi perubahan lonjakan tegangan yang sering dan mendadak. Bila tidak ada UPS sebagai stabilizer, maka bisa terjadi korsleting, overheat, bahkan kerusakan permanen pada perangkat elektronik.

Menghemat energi dan biaya

Manfaat UPS lainnya adalah membantu Anda menghemat energi dan biaya yang mungkin perlu dikeluarkan untuk maintenance, service, atau penggantian unit bila alat elektronik rusak. 

Mengurangi risiko kebakaran

Gangguan arus listrik, apalagi bila terjadi berkali-kali, meningkatkan risiko terjadinya korsleting yang bisa memicu kebakaran. Namun, dengan UPS Anda bisa mengurangi risiko berbahaya tersebut karena alat ini membantu menjaga arus listrik selalu stabil.

Nah, setelah mengetahui fungsi UPS dan manfaatnya yang bisa dinikmati, tentu tak ada lagi keraguan untuk menambahkan perangkat ini ke alat elektronik Anda, mulai dari pemakaian individual, pengelola bisnis kecil, bisnis kelas menengah, hingga perusahaan besar; UPS penting untuk melindungi perangkat dan data Anda!

Mau tahu lebih banyak tentang UPS? Hubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma sebagai penyedia layanan UPS tepercaya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *