Perawatan UPS: Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai

UPS sudah menjadi salah satu perangkat penting yang dibutuhkan ketika seseorang merangkai komputer. Pasalnya, perangkat ini dapat membantu mempertahankan aliran listrik ketika tiba-tiba terjadi pemadaman. Sayangnya, banyak orang tidak memahami cara  perawatan UPS yang tepat sehingga perangkat ini cepat rusak.

Agar umur baterai UPS Anda bisa bertahan lama, pastikan untuk mengikuti 5 tips berikut ini:

Periksa Baterai UPS

Agar umur baterai UPS bertahan lama, Anda wajib memeriksa ketersediaan baterai secara berkala. Bahkan ketika baru membeli, pastikan untuk mengisi ulang daya selama kurang lebih 8 sampai 12 jam agar UPS bekerja dengan baik.

Beri jeda waktu pemakaian

Saat mematikan dan menyalakan kembali UPS juga harus dilakukan dengan hati-hati. Beri jeda sekitar 1 menit saat mematikan dan akan menyalakannya kembali. Hal ini bisa mengurangi terjadinya kerusakan komponen akibat perpindahan arus listrik yang berlangsung terlalu cepat. 

UPS yang mati dan menyala secara tiba-tiba akan cepat rusak. Jadi, ketika terjadi pemadaman listrik, komputer Anda memang akan tetap menyala. Meskipun demikian, pastikan untuk segera menyimpan data penting dan mematikan komputer dengan tombol shut down secara normal.

Gunakan UPS sesuai spesifikasinya

Setiap UPS memiliki spesifikasi khusus tentang beban yang dapat ditanggung perangkat tersebut. Jika UPS digunakan tidak sesuai beban , maka baterai akan cepat rusak. Jika bisnis Anda mengandalkan kinerja UPS untuk pusat data, maka pastikan berkonsultasi dulu dengan distributornya agar UPS yang Anda beli sesuai dengan kegunaannya.

Pastikan posisinya sudah benar

Hal lain yang tidak kalah penting dalam perawatan UPS adalah memastikan bahwa perangkat tersebut diletakkan dengan posisi yang benar. Alat ini harus diletakkan di tempat dengan area yang memiliki sirkulasi yang baik. 

Jangan menempatkan UPS di tempat yang tertutup seperti di belakang komputer atau terlalu dekat ke tembok. Sebaliknya, letakkan perangkat ini di area terbuka untuk memaksimalkan sirkulasi.

Cabut stop kontak jika tidak digunakan

Terakhir, pastikan untuk mencabut stop kontak jika UPS Anda lama tidak digunakan. Hal ini penting dilakukan agar UPS tidak mengalami panas secara terus menerus akibat aliran listrik. Pasalnya, panas yang mengalir secara terus menerus ini lama kelamaan juga dapat merusak UPS Anda.

Nah, itulah beberapa tips perawatan UPS yang harus Anda perhatikan. Meskipun terlihat sepele, namun perawatan yang tepat akan memastikan umur UPS dapat bertahan lama sehingga mampu melindungi peralatan elektronik dengan lebih lama pula.

Cari tahu cara perawatan UPS yang lebih lengkap dengan menghubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *