Pentingnya Pengujian UPS untuk Memastikan Kinerja yang Handal

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan sebuah perangkat vital yang dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik. Dalam lingkungan industri, UPS diperlukan untuk memastikan keandalan listrik selama operasional perusahaan. Sebagian sistem bahkan tidak memperkenankan sama sekali terputusnya arus listrik ke perangkat.

Cara Kerja UPS 

UPS bekerja dengan cara menyimpan daya dari sumber listrik utama ke baterai-baterai UPS. Ketika baterai telah penuh, arus listrik akan melewati UPS tanpa harus melewati baterai. Peranti ini akan mendeteksi apabila terjadi pemutusan arus listrik utama ke perangkat yang terhubung dengan UPS.

Ketika pemutusan arus listrik terdeteksi, UPS akan mengeluarkan daya yang tersimpan pada baterai untuk memberikan suplai arus ke perangkat elektronik. Proses pergantian sumber arus ini biasanya terjadi secara otomatis untuk menghindari terputusnya suplai arus ke perangkat elektronik. Dengan demikian, perangkat tidak mengalami kondisi mati secara mendadak.

Untuk memaksimalkan kinerja UPS, sebagian UPS memiliki baterai cadangan sebagai pengganti baterai utama. Baterai ini difungsikan ketika terdeteksi kerusakan pada baterai utama. Dengan demikian, proses back-up daya dapat terus dilakukan.

Menguji Kinerja UPS

Mengingat pentingnya dalam mendukung keandalan listrik, diperlukanlah suatu pengujian untuk menilai kinerja UPS. Pengujian UPS dapat menilai kelayakan suatu UPS untuk dioperasikan sehari-hari di lingkungan perusahaan.

Pengujian UPS dapat dilakukan dengan memperhatikan setiap LED yang terdapat pada panel UPS. Nyala atau matinya LED biasanya menampilkan informasi tentang status UPS. Darinya, dapat diperoleh peringatan tentang terjadinya masalah pada alat. Kode-kode LED ini dapat ditemukan pada buku manual UPS.

Jika UPS yang digunakan merupakan UPS pintar (smart UPS), kondisi UPS bisa dimonitor melalui website ataupun aplikasi mobile yang terkoneksi dengan perangkat. Selain itu, vendor penyedia UPS juga bisa melakukan pengujian UPS dengan menekan kombinasi tombol-tombol tertentu dan tanpa melakukan pemutusan arus listrik.

Mengingat pentingnya kesehatan UPS untuk keperluan operasional perusahaan, sudah selayaknya perawatan dan pengelolaan peranti ini perlu mendapatkan perhatian. Agar alat senantiasa bisa diandalkan ketika terjadi situasi darurat yang membutuhkan cadangan suplai daya, pengujian UPS perlu dilakukan secara berkala.

Setelah memahami pentingnya UPS untuk keandalan listrik lingkungan industri, sudah selayaknya perusahaan berinvestasi pada perangkat vital ini. Untuk memastikan kinerja UPS paling optimal, pastikan produk dibeli melalui produsen atau distributor resmi tepercaya. PT NPS Pemuda Berdikarisma merupakan distributor resmi AEG Power Solution, perusahaan Jerman yang menyediakan berbagai perangkat elektronik untuk kebutuhan industri.

author avatar
NPS Power

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *