|

Solusi UPS untuk Kebutuhan Industri Petrokimia dan Kimia

Petrokimia adalah bahan kimia yang diperoleh dari bahan bakar mineral seperti minyak bumi dan gas alam. Bahan-bahan kimia tersebut antara lain berupa metana, butana, propana, bahan bakar diesel, minyak tanah, bensin, bahan bakar pesawat, dan sebagainya. Selain itu, ada juga pestisida, pupuk, herbisida, dan bahan plastik, aspal, serta serat buatan.

Bahan-bahan kimia yang dibuat dari minyak bumi dan gas alam ini sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan tersebut dipenuhi oleh industri petrokimia. Indonesia memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam pengolahan petrokimia. Kapasitas produksi setiap tahun terbilang cukup besar. 

Sekilas Tentang Industri Petrokimia

Industri petrokimia dapat digolongkan dalam tiga kelompok, yaitu industri petrokimia hulu, industri petrokimia antara, dan industri petrokimia hilir. Pada bagian hulu, proses industri dimulai dari pengolahan produk dasar menjadi produk setengah jadi (produk antara) atau produk jadi. Contohnya adalah propilena, benzena, metanol, etilena, dan sebagainya. 

Industri petrokimia antara adalah pengolahan produk petrokimia setengah jadi menjadi produk yang siap untuk digunakan oleh masyarakat atau juga diolah kembali menjadi produk lain. Sementara itu, industri petrokimia hilir adalah pengolahan produk antara menjadi produk yang siap pakai. Contoh produk tersebut adalah alat kosmetik, cat, serat pakaian, pupuk, lilin, dan sebagainya. 

Selain minyak bumi dan gas alam, bahan baku yang juga digunakan untuk industri petrokimia hulu adalah senyawa olefin, gas sintesa, aromatik, dan senyawa organik lain dari bahan tersebut. Industri petrokimia dapat beroperasi dengan lancar apabila bahan baku yang dibutuhkan tersedia. 

Distribusi Energi Listrik dan Pentingnya UPS

Selain ketersediaan bahan baku, proses pengolahan petrokimia dari hulu ke hilir membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Listrik merupakan sumber energi yang dipakai untuk menggerakkan alat-alat produksi. Pasokan listrik yang memadai akan membuat proses industri berjalan dengan baik. 

Daya listrik akan didistribusikan sesuai kebutuhan ke berbagai alat produksi petrokimia yang digunakan. Distribusi tersebut dibagi dalam beberapa tingkat mulai dari sumber listrik hingga ke alat produksi seperti pompa, sistem injeksi, alat pemanas, filter udara, kompresor, bahkan penerangan di area pabrik.

Dalam proses tersebut, perusahaan dapat menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) sebagai solusi untuk menjaga kestabilan daya listrik. Aliran listrik bisa terputus dari sumbernya karena beberapa alasan dan memengaruhi peralatan produksi yang digunakan di pabrik petrokimia maupun proses produksi. Untuk menghindari risiko semacam itu, perangkat penyedia daya cadangan sementara ini sangat penting dimiliki. 

Fitur dan Kelebihan UPS Hipulse M

Perangkat UPS yang dapat digunakan di industri petrokimia dan kimia adalah Vertiv Liebert Hipulse M. Ini adalah catu daya yang dapat dikonfigurasi dan menawarkan kinerja daya maksimal. 

Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh UPS Hipulse M. Salah satunya adalah bentuk UPS yang terkesan simpel sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanan. Selain itu, UPS ini juga membutuhkan konsumsi daya lebih rendah karena dirancang memiliki efisiensi tinggi. 

UPS Hipulse M juga menggunakan Vector Control digital yang dapat mengendalikan pengeluaran daya listrik secara real time. UPS ini menggunakan teknologi modular hot-swappable full IGBT. UPS tersedia dalam versi 5-60 kVA dan 10-125 kVA. UPS dapat dikonfigurasi dengan transformator input dan output.

UPS Hipulse M ditujukan untuk kebutuhan berbagai industri, terutama petrokimia dan kimia. Selain itu, alat ini juga bisa digunakan pada perusahaan transportasi, air dan air limbah, serta proses manufaktur berkelanjutan. 

Untuk mendapatkan UPS Hipulse M yang orisinal, Anda bisa menghubungi PT. NPS Pemuda Berdikarisma. Hingga saat ini, status PT. NPS Pemuda Berdikarisma sebagai distributor UPS Industrial Vertiv Liebert di Indonesia. Sebagai partner resmi yang berpengalaman, produk yang dijual pasti aman dan terjamin. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *